__________________________

Note : Agar lancar...gunakan selalu "Google Chrome" fast browser untuk berkunjung ! (Download Google Chrome)

Cinema3satu - "Download Film Gratis"

Movies in MKV - "Download Film Gratis"

Thursday, September 23, 2010

"MOOZ-Lum" Film yang Gambarkan Diskriminasi terhadap Muslim Kulit Hitam AS

Ditengah maraknya perdebatan tentang rencana pembangunan masjid di dekat lokasi ground zero, sebuah film tentang kehidupan keluarga Muslim kulit hitam di Amerika di buat. Film ini ingin menyoroti tantangan yang harus dihadapi para pengikut Islam, yang mengungkapkan rasisme dan realitas yang dihadapi pemuda kulit hitam di Brooklyn dua dekade lalu.

Film bertajuk "MOOZ-Lum" melakukan suting di Michigan, yang memiliki penduduk Muslim yang besar, dan pertama kali ditayangkan di Urbanworld Film Festival di New York pada hari Jumat lalu.

"Saya harap orang setelah keluar dari teater, berpikir lebih banyak dan mencoba memahami apa yang kita hadapi di sini," kata sutradara film Qasim Basir, menambahkan penggambaran film tentang diskriminasi mencerminkan pengalamannya sendiri sebagai Muslim-Amerika.

Basir mengatakan kurangnya penggambaran secara sinematik tentang Muslim Amerika juga menginspirasi dirinya untuk membuat film ini.

"Saya berharap untuk memberikan gambaran tentang Muslim-Amerika dalam sebuah film yang mencerminkan mereka. Saya inginkan film ini menjadi sesuatu yang penonton dapat melihat dan berkata, 'ini mencerminkan saya,'" katanya kepada Reuters dalam sebuah wawancara.

Film ini, yang belum menemukan distributor dan karenanya tidak masuk dalam rilis sinematik komersial, muncul di tengah sengketa panas atas sebuah rencana pembangunan pusat budaya Islam di New York.

Pendiri yayasan Urbanworld, Stacy Spikes mengatakan bahwa film "MOOZ-Lum" sendiri juga telah menimbulkan perdebatan.

"MOOZ-Lum" bercerita tentang seorang mahasiswa perguruan tinggi kulit hitam bernama Tariq, dimainkan oleh Evan Ross, berseting tahun 2001. Tariq harus berjuang perjuangan dengan keseimbangan iman Islamnya dan kebebasan barunya di kampus.

Kilas balik ke masa kecilnya mengungkapkan dirinya mengalami intimidasi dari teman-temanya. Kemudian, hanya beberapa hari dalam tahun pertamanya menjadi mahasiswa, serangan 11 September telah mengubah kehidupan Tariq dan keluarganya.

"Orang-orang dapat melihat keluarga ini seperti keluarga lainnya," kata bintang film Ross. "Bila Anda tidak tahu tentang sesuatu, tampaknya itu berbahaya dan bagaimana kebencian itu dimulai."

Ketidakpercayaan AS terhadap umat Muslim telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Pew Forum tentang Agama dan Kehidupan Publik dalam jajak pendapat yang dirilis pada bulan Agustus menemukan bahwa jumlah orang Amerika dengan pandangan yang menguntungkan Islam hanyalah 30 persen, turun dari 41 persen pada tahun 2005.

Roger Guenveur Smith, yang memerankan ayah Tariq, membandingkan film "MOOZ-Lum" dengan film lain yang setema berjudul - "Do the Right Thing." Film buatan tahun 1989 ini mengeksplorasi kota Brooklyn dan dirilis seminggu sebelum penembakan fatal pemuda kulit hitam bernama Yusuf Hawkins di kota kecil yang sama.

Film 'Do the Right Thing' terus memiliki dampak sosial karena pembuat film tidak bisa menghindari dari masalah," kata Smith.

"Tidak ada yang bisa meramalkan tragedi yang akan berlangsung di New York City musim panas ... dan tak seorang pun bisa meramalkan ketika kami sedang bersiap-siap untuk premiere menontotn 'MOOZ-Lum', kami akan terlibat dalam perdebatan besar tentang ... kebebasan beragama. "

Film "Do the Right Thing" sendiri menjadi film box-office, mendapat nominasi Oscar untuk skenario asli dan dinyatakan sebagai flm yang menampilkan budaya yang signifikan oleh Perpustakaan Kongres AS.

Basir berpendapat kritik terhadap rencan pembangunan pusat keislaman di Lower Manhattan, karena rendahnya pemahaman orang tentang Islam. Jadi, ia ingin film-nya dapat diputer dimainkan di universitas-universitas dan sekolah.

"Saya ingin memanusiakan budaya dan keimanan bagi orang yang memilikinya, untuk sementara sekarang, sebelum adanya penyerangan," katanya.

Produser film "MOOZ-Lum," yang menampilkan Danny Glover sebagai dekan dogmatis di kampus Tariq, mengatakan akan tampil di Chicago International Film Festival pada bulan Oktober. (fq/abc)


Source : eramuslim

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share